BERITA HARIAN BKPP :: Kamis, 18-07-2019

UTD Pendidikan Rangkasbitung Jadi Target Pertama Pembinaan Updating Data SIKEPEL

Aplikasi Sistem informasi Kepegawaian Lebak (SIKEPEL) merupakan aplikasi berbasis website yang mengelola database kepegawaian Kabupaten Lebak, didalamnya terdapat data Profil Pegawai, Biodata Pegawai, Riwayat Pendidikan, Riwayat Kepegawaian dan Riwayat Kinerja Pegawai dengan dilengkapi e-dokumen.

Dari hasil pemantauan dan analisa tim pengelola SIKEPEL BKPP Kabupaten Lebak, bahwa Database Pegawai di Lingkungan UPTD Pendidikan Rangkasbitung masih banyak yang belum update, dari hasil analisa tim kami proses input baru mencapai sekitar 50%. Hal ini sangat jauh jika dibandingka dengan UPTD-UPTD yang ada di wilayah selatan yang rata-rata sudah hampir di atas 70% bahkan untuk UPTD Pendidikan Kecamatan Cibeber dan Cijaku sudah mencapai 85%.

Kasubid SIMPEG BKPP Kabupaten Lebak (Agung Firmansyah, S.Kom.) mengungkapkan, “hal ini kami lakukan guna untuk memvalidasikan database pegawai antara data yang ada di Aplikasi SIEKEPEL dengan data pada aplikasi SAPK milik BKN, Selain itu updating data pada aplikasi SIKEPEL ini merupakan hal yang sangatlah penting mengingat dengan lengkapnya data pegawai pada aplikasi SIKEPEL beserta e-dokumennya akan mempermudah preses kepegawaian kedepanya”.

“beberapa manfaat yang dapat dirasakan jika data kita lengkap diantarany kita akan mudah memperoleh data dengan cepat dan tepat kapan saja dan dimana saja, contohnya ketika kita diminta data SKP CPNS, PNS, Pangkat dal lain-lainnya tak mesti kita harus bongkar-bongkar berkas cukup dengan buka aplikasi sikepel, kita download dan langsung cetak”.

Beliau juga menegaskan “kedepan proses layanan kepegawaian semuanya tanpa menggunakan berkas pisik (paperles) melainkan dilakukan secara online, salah satu syaratnya yaitu data dan e-dokumen pada aplikasi SIKEPEL harus lengkap dan benar, jika ada salah satu data saja yang tidak lengkap apalagi yang menyangkut kepada persyaratan dari salah-satu layanan kepegawaian maka proses layanan kepegawaian tidak bisa diajukan, hal ini akan menghambat kepada proses kepegawaian masing-masing pegawai”.

“Kami dari tim pengelaola aplikasi SIKEPEL melakukan pembinaan kepada Pegawai di lingkungan UPTD Pendidikan Rangkasbitung dengan menghadirkan para kepala sekolah untuk diberikan pembekalan dan bimbingan terkait aplikasi SIKEPEL, semoga dengan cara ini para kepala sekolah memiliki tanggunjawab sehingga dengan segala kebijakannya bisa mengintruksikan kepad semua pegawai di bawahnya untuk segera updating data pada aplikasi SIKEPEL”.

“Pembinaan ini kami lakukan tidak hanya di lingkungan UPD Pendidikan Rangkasbitung saja, melainkan kepada semua OPD dan UPT se Kabupaten Lebak yang data kepegawaian dan e-dokumen pada aplikasi SIKEPEL masih dibawah 75% (list datanya sudah dipersiapkan)”. Pungkas Agung (18/07/2019)

Kasubag Umum dan Kepegawaian UPTD Pendidikan Rangkasbitung Dina Indrianasari, S.Pd.I menegaskan kepada para kepala sekolah di lingkungan UPTD Pendidikan Rangkasbitung untuk segera mengupdate data pegawai pada aplikasi sikepel,

Beliau  merasa bersyukur dan berterimakasih kepada BKPP yang telah mengingatkannya akan keterlambatan proses inputing data pada aplikasi SIKEPEL ini, dan berjanji insya Allah akhir Agustus database dan e-dokumen pegawai di lingkungan UPTD Pendidikan Rangkasbitung akan segera selesai dan lengkap. Ujar dina.

...
Nama :
Email :
Komentar :
 
Kirim
Arsip Berita Harian BKPP